Generasi Muda Jangan Malu Menjadi Orang Batak

MEDAN - Beberapa Waktu lalu masih segar di pikiran kita yang dilakukan oleh Negara jiran (Malaysia) terhadap Budaya Tapanuli .Mereka mengkleim dua budaya rakyat Sumatera Utara yakni tari Tortor dan Puluan Gondang Sambilan milik Malaysia, peristiwa ini menuai kecaman dari sejumlah kalangan khususnya orang Batak.

Beranjak dari peristiwa tersebut untuk menanam kan kembali rasa cinta serta peduli terhadap seni dan Budaya Batak  Forum Intelektual Muda Batak Indonesia (FORTIBI) Kamis 30/8 kemarin  menyelenggarakan Pagelaran Seni Budaya Tapanuli di Hotel Medan Metro jalan Sisingamangaraja Medan Sumatra Utara.

Acara Pagelaran Seni ini di hadiri Tokoh Masyarakat Batak dan Tokoh Pemuda Batak serta beberapa tamu undangan dan di meriahkan oleh Artis Batak Amidos Trio serta Tarian-Tarian Batak dari berbagai Daerah yang di bawakan oleh Mahasiswa Unimed jurusan Seni Musik maupun seponsor-seponsor lainnya yang turut berpartisipasi.

Ketua FORTIBI H.Hutagaol SE dalam pidato sambutannya mengatakan Pagelaran Seni Budaya Tapanuli dilaksakan sesuai dengan misi dan visinya yaitu untuk mengajak para generasi Muda Batak khususnya jangan malu mengaku sebagai Suku Batak maupun Orang Batak di mana pun berada karena Suku Batak selain Kaya akan Seni,Orang Batak ataupun Bangso Batak memiliki Pemikiran yang Pintar-pintar dan ini terbukti telah banyaknya Orang Batak sebagai Pengusaha dan Pejabat di Indonesia maupun di Mancanegara.

Dan bukan hanya itu saja” lanjut Hutagaol ,orang Batak juga mempunyai ke istimewaan di bandingkan suku-suku lain,keistimewaan itu adalah bahwa, Batak memiliki Pulau yaitu Pulau Samosir,memiliki Tulisan yaitu aksara Batak dan memiliki lagu yaitu Otano Batak serta memiliki Pahlawan dan Bendera juga memiliki Falsafah yaitu Dalihan Natolu yang berbunyi Elek Marboru,Somba Mar-hula-hula dan Manat Mardongan Tubu.

Dengan demikian” ujarnya marilah Kita sebagai orang Batak khususnya generasi Muda Batak tanamkan terus Budaya Batak mulai dari dini dan jangan malu sebagai Suku Batak.Tunjukkanlah kita sebagai Suku Batak dengan cara mencantumkan Marga karena orang Batak di Kenal berawal dari Marga.

Sumber : www.ketikberita.com
Share on Google Plus

About Klika Group

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar