Pameran Perkawinan Adat Melayu Pukau Peserta PRSU

Medan -  Malam Pesona Budaya dan Kesenian Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang diisi dengan berbagai pertunjukan seni budaya berhasil menarik minat dan memukau ribuan pengunjung Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) yang digelar di open stage PRSU Kompleks Tapian Daya Medan, baru baru ini. 

Dengan perpaduan seni drama dan tari, Sanggar Safira binaan Ketua TP PKK Ny. Hj. Evi Diana Erry dan Sandra Tari menampilkan tradisi pernikahan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat yang identik dengan adat budaya Melayu melalui pagelaran pameran perkawinan adat Melayu yang diisi beberapa tarian seperti tari inai, apini parsini dari etnis simalungun, tari hatasopisik dari etnis Batak Toba, Serampang Dua Belas, Anak Kala, dan Rentak Pusaka.


Selain penampilan kesenian tari dan drama, Para pengurus TP PKK dan DWP Sergai menampilkan kreasi alat musik kulintang dan angklung dengan membawakan lagu populer dan daerah seperti lagu Alamat Palsu, Terajana dan Sio Mama.

Melalui acara ini diharapkan dapat mengenalkan kepada masyarakat Sumatera Utara potensi yang ada di Kabupaten Sergai khususnya potensi budaya dan keseniannya. Sebagai mana yang kita ketahui bahwa warga masyarakat Sergai sangat heterogen namun hubungan antara satu etnis dan lainnya dapat terbina dengan baik serta penuh semangat kebersamaan, demikian disampaikan Bupati Erry Nuradi usai acara berlangsung.


Di samping itu diharapkan malam pesona budaya dan kesenian ini memotivasi kita untuk lebih mencintai dan melestarikan nilai-nilai budaya bangsa yang kita miliki. Khususnya bagi generasi muda agar tidak keliru dalam memaknai realitas kehidupan berbudaya dan tetap mempertahankan nilai-nilai budaya serta melestarikannya untuk mencegah terjadinya krisis budaya dan menangkis pengaruh negatif dari globalisasi, harap Bupati.

Usai acara pagelaran seni, Bupati Sergai beserta jajarannya mengunjungi Paviliun Sergai yang turut memeriahkan PRSU ke-41 tahun 2012 ini. Paviliun bernuansa hijau kuning ini terlihat selalu ramai dengan pengunjung karena mengusung konsep dekorasi tepi pantai yang apik dan menarik untuk dijadikan objek photo oleh para pengunjung. Konsep dekorasi pantai ini mencerminkan bahwa negeri Serdang Bedagai memiliki banyak pantai dan penduduk yang berprofesi sebagai nelayan serta menceritakan keindahan bumi Sergai dengan wisata baharinya.

Di dalam paviliun ini memamerkan produk-produk usaha kecil menengah (UKM)  dari masyarakat Sergai seperti makanan ringan, hasil pertanian dan perkebunan,  hasil kerajinan tas dan pernak-pernik lainnya yang merupakan produk khas daerah ini. Hal ini senada dengan keinginan pemerintah daerah ini yang ingin mewujudkan One Village One Product (OVOP) dengan mengembangkan UKM yang menghasilkan produk-produk unggulan yang diharapkan dapat diterima oleh masyarakat Sumut.

Sumber : ketikberita.com
http://www.ketikberita.com/wisata/187-pesona-budaya-sergai-pikat-pengunjung-prsu.html
Share on Google Plus

About Klika Group

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar